Ekonomiwae's blog

Akuntansi Hati dan Usaha

Posted on: Desember 29, 2009

Akuntansi merupakan suatu rangkaian proses pengidentifikasian, pencatatan, penggolongan, pengikhtisaran, dan pelaporan informasi ekonomias yang dapat digunakan untuk pembuatan keputusan dan pertimbangan – pertimbangan yang tepat dan tegas oleh pengguna informasi ekonomis tersebut. Banyak orang yang berfikir bahwa akuntansi merupakan sesuatu yang sulit dan mudah. Sulit karena banyak hal yang harus dipelajari darinya dan mudah memang penggunaan akuntansi sangat fleksibel tergantung dari jenis usaha yang kita laksanakan.

The most of usually, usaha berskala kecil dan menengah sangat jarang menggunakan akuntasni dengan baik, mereka hanya menggunakan ingatan untuk mengadministrasikan semua tentang kegiatan operasionalnya termasuk dengan biaya per unit produk. Karena hanya menggunakan ingatan itulah, banyak lembaga keuangan yang sulit memberikan pinjaman kepada mereka karena laporan kinerja usahanya tidak tersusun dengan rapi.

What the problem? Tidak adanya pelatihan dan penyuluhan kepada usaha kecil menengah membuat mereka tidak mengetahui dengan pasti tentang perkembangan pencatatan administrasi usahanya, bahkan jikalau ada program seperti itu, banyak pengusah kecil dan menengah selalu merasa pintar dan berpengalaman serta tidak mau menerima pengetahuan yang baru.

The Function of Accounting dapat membuat pencatatan perusahan lebih baik. Maksudnya semua informasi yang berhubungan dengan perusahaan dapat diperoleh dengan mudah jika system administrasinya dilaksanakan dengan baik dan benar. Bukan berarti semua hal yang terjadi diperusahaan harus dicatat setiap waktu, tapi yang mempunyai nilai yang cukup materiil lah yang wajib dilakukan pencatatan karena akan merubah kondisi keuangan ataupun kondisi umum perusahaan. Akuntansi ini yang pertama kali harus dilakukan adalah bagaimana kita mengelola dan mengadministrasikan semua perasaan kita dalam hati. Hal ini menjadi penting karena hatilah yang menggerakan kita untuk melakukan pengadministrasian dalam usaha. Dengan hati yang kurang diadministrasikan, kita akan melakukan berbagai macam kesalahan dalam melakukan pemberesah administrasi usaha, bahkan dapat pula kita akan berfikir untuk melakukan hal yang dinamakan dengan “korupsi”. Akuntansi yang sudah diterapkan dalam hati dan diresapi dalam sanubari dengan niat untuk memberikan kemudahan kepada stakeholder untuk membaca laporan usaha akan lebih mudah untuk dikerjakan dalam usaha jika niat kita juga tulus.
Akuntansii tidak hanya dapat memberikan gambaran kinerja sebuah perusahaan dimasa lalu, tapi juga memberikan acuan kepad pihak manajemen untuk melakuakn analisis dan introspeksi terhadap semua kinerjanya selama satu periode kebelakang serta memberikan pelajaran yang penting dimasa yang akan dating. Akuntasni juga memberikan data-data yang memudahkan para kreditor untuk membuat keputusan kreditnya dengan mempertimbangkan kondisi likuiditas, solvabilitas, dan rentabilitasnya perusahaan dan bagi pemerintah dapat mempertimbangkan kebijakan apa yang dapat diambil untuk dapat meningkatkan pertumbuhan ekonominya serta meningkatkan kesejahteraan penduduknya secara merata dan adil.

Banyak manfaat dan kegiatan akuntansi dalam hidup kita, tapi begitu sangat minimnya kita mengartkan kegiatan itu adalah akuntasni.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • ekonomiwae: bgus kn...???
  • Mr WordPress: Hi, this is a comment.To delete a comment, just log in, and view the posts' comments, there you will have the option to edit or delete them.

Kategori

%d blogger menyukai ini: