Ekonomiwae's blog

redenominasi, efisienkah?

Posted on: Agustus 6, 2010

Juli 2010, Bank Indonesia selaku Bank sentral republik Indonesia mewancanakan akan melakukan redenominasi terhadap mata uang Indonesia, yaitu rupiah. Alasannya dikatakan bahwa nilai uang rupiah di mata luar negeri sangat rendah dan jumlah nominal uang indonesia terbesar kedua sedunia setelah vietnam yang jumlah nominal terbesarnya adalah 500.000..
Sebenarnya apa arti dan maksud dari redenominasi apa sama dengan sanering??? ternyata berbeda..
redenominasi adalah penyederhanaan sebutan nilai uang atau mata uang dan tidak mempengaruhi nilai intrinsik dari uang tersebut hanya nilai entrinsiknya yang sedikit berubah.,sedangkan sanering adalh pemotongan nilai uang, maksudnya uang yang Rp 1000 hanya akan dianggap Rp 100 atu bahkan hanya Rp 500.
Apakah akan mempenharuhi perekonomian? secara teori memang tidak mempengaruhi karena harga dan uang hanya akan dihilangkan tiga angka nol dibelakangnya, namun secara psikologi, dibutuhkan proses sosialisasi yang tepat dan cepat serta konsisten agar wancana ini dapat berhasil.,
redenominasi yang direncanakan BI kepada pemerintah melihat jejak beberapa negara yang berhasil melakukannya seperti brazil dan turki. Namun jika diterapkan di indonesia yang penuh dengan kasus korupsi dan mentalnya pun terlalu bagus sehingga tindak kriminla sangat banyak,apa yang akan terjadi?
Redenominasi memang tidak akan terpengaruh ke dalam pasar, namun dibutuhkan proses revitalisasi terhadap semua sistem keuangan baik perbankan maupun perusahaan karena tiga angka nol hrus dihilangkan.
Pertanyaan muncul kembali ketika BI mengeluarkan uang pecaha Rp 10.000 yang baru dengan uang koin Rp 1000, apa tujuannya? jika akan direncanakan redenominasi kenapa harus mengeluarkan uang baru? bukankah itu tidak efisien dan membutuhkan dana yang relatif besar untuk membuatnya?
berusaha efisien namun menginefisiensikan progrm yang lain.
butuh atau tidakkah Indonesia melakukan redenominasi?
iya jika program tersebut didukung oleh semua stakeholder dengan konsisten yang penuh,, tidak jika hanya sekedar wacana dan hanya setengah hati melakukannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


  • ekonomiwae: bgus kn...???
  • Mr WordPress: Hi, this is a comment.To delete a comment, just log in, and view the posts' comments, there you will have the option to edit or delete them.

Kategori

%d blogger menyukai ini: